Kamis, 16 April 2009

Seberapa Besar Cintamu Terhadap PERSIJA ?

Ditulis Oleh Kristy Jak Angel Jogja

Wednesday, 04 March 2009
ImageHasil draw (1-1) yang diperoleh Persija yang mengawali ‘tour mautnya’ banyak menuai respon dari semua pendukungnya. Ada yang kecewa, ada yang mencaci maki wasit, ada yang pasrah, dan adapula yang bersyukur. Apapun itu aku menganggap bahwa reaksi tersebut sebagai bentuk perhatian mereka pada Persija. Pertandingan Persija vs Pkt yang berlangsung tadi malam tentu banyak menyita perhatian para pecintanya, Jakmania, yang mengharap poin penuh tentunya. Dari detik – detik awal, the jak mulai gelisah menanti kabar dari Bontang. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dalam GB (Guest Book) Jakmania yang minta live report disana.
Kemenangan merupakan suatu impian setiap suporter terhadap tim kesayangannya. Segala bentuk dukungan baik doa maupun sorak sorai nyanyian spirit banyak dilakukan untuk menyokong perjuangan tim. Namun, ketika hasil tidak sesuai dengan harapan banyak cara untuk mengekspresikannya, mulai dari marah, kecewa, caci maki, hingga dukungan. Masih jelas aku teringat pertandingan antara D S vs P J dalam ISL kemarin (01/03/2009) yang berakhir kekalahan untuk P J(live antv jam 15.00).

Di awal pertandingan pendukung tuan rumah, D S, begitu lantang menyuarakan yel – yel penyemangat bagi timnya. Ketika timnya tertinggal 1 gol, mereka masih sayup – sayup mendukung. Ketika D S mendapat kesempatan untuk menyamakan kedudukan lewat titik pinalti, pemainnya yakni G C ternyata gagal mengeksekusinya. Spontan, pendukung tim tuan rumah menyerukan “G C goblok” berulang – ulang. Yang lebih memprihatinkan kemudian mereka berbalik mendukung lawan dan menyanyikan lagu yang mencemooh tim rumah, adapula yang pulang sebelum pertandingan usai. Ironisnya, ketika D S berhasil membalikkan keadaan, pendukungnya kembali mengelu – elukan tim tuan rumah.

Pada dasarnya, aku menulis tulisan ini sebenarnya ingin mengajak temen – temen The Jakmania untuk kembali merenung tentang seberapa besar sich cintamu pada Persija??? Suporter yang bijak adalah suporter yang selalu mendukung timnya entah itu menang, seri ataupun kalah sekalipun. Bukan maksud menggurui teman – teman, tapi coba dech ingat salah satu slogan kita “JANGAN TANYA APA YANG PERSIJA BERIKAN UNTUK KITA, TAPI TANYA APA YANG KITA BERIKAN UNTUK PERSIJA”.

Melalui tulisan ini pula, aku ingin mengajak anak – anak The Jakmania untuk selalu mendukung Persija disaat mereka berjaya atau saat terpuruk sekalipun. Kita harus yakin macan – macan Persija pasti memberikan yang terbaik untuk pendukungnya. Jika kamu cinta Persija, apapun hasilnya, jadilah pemain ke-12 Persija yang terbaik. Jika tidak, jangan pernah mengatasnamakan Jakmania. Ingat…piala hanya tanda saja kawan. So…seberapa besar cintamu pada Persija kawan???

NB :
Jika teman – teman selalu mengikuti pertandingan ISL yang disiarkan oleh Antv, tentu teman – teman pasti tahu donk tim yang aku kasih inisial D S dan P J ????

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Dukung PERSIJA sampe gw mati...